Akatsuki

akatsuki-small
Formasi Akatsuki

Entah mengapa tiba-tiba saya ingin menulis tentang Akatsuki. Untuk mereka yang gemar menonton anime Naruto pasti sudah mengetahui banyak tentang kelompok ini.

Secara sederhana kelompok Akatsuki bisa kita sebut dengan Barisan Sakit Hati. Namun tentu saja latar belakang dibalik terbentuknya Akatsuki, jauh lebih dalam daripada satu kesimpulan dalam kalimat pendek.

Saya memutuskan membuat kategori khusus mengenai Anime dan memisahkannya dari film secara umum, mungkin juga akan menuliskan beberapa Fan Fiction.

Masashi Kishimoto (pengarang Naruto) menempatkan Akatsuki sebagai kelompok antagonis, namun kedalaman karakter dan cerita manga (anime) ini membuat kita sedikit ingin lebih jauh mengenal kelompok shinobi ini.

Akatsuki dibentuk oleh Yahiko, Nagato, dan Konan dengan tujuan untuk menghentikan perang dan menciptakan perdamaian di seluruh dunia. Namun tujuan dan cita-cita mulia ini kemudian ternodai oleh munculnya Madara Uchiha yang mengambil alih kepemimpinan Akatsuki dan melancarkan perang dunia shinobi ke IV.

Alih-alih menciptakan perdamaian, namun yang terjadi hanyalah nafsu untuk menguasai dunia dan malah mengakibatkan kehancuran dan kekacauan dimana-mana.

Sebuah cita-cita yang luhur tidak akan terwujud lewat balas dendam, kebencian, dan sakit hati. Sebuah cita-cita akan terwujud lewat ketulusan, dan kesediaan untuk berkorban tanpa pamrih.

Tidak ada yang menyangkal bahwa semua anggota Akatsuki adalah dulunya murid-murid yang cerdas, berbakat, dan berprestasi. Namun sistem pendidikan dan pemerintahan desa-desa di dunia ninja tidak bisa menerima kehadiran mereka. Atau lebih tepatnya, tidak siap.

Dunia adalah tempat yang selalu berubah, begitu juga dengan dunia shinobi. Dunia yang menciptakan para Akatsuki adalah dunia penuh kesedihan, rasa sakit, dan kekecewaan akibat perang yang terus-menerus terjadi antara negara shinobi. Dan dari kekecewaan itu muncullah sebuah kelompok yang sepertinya mampu menjadi tumpuan harapan akan sebuah perubahan.

Namun sekarang dunia shinobi bukanlah tempat yang sama. Orang-orang di dunia shinobi sudah mampu menciptakan perdamaian dengan cara yang lebih sederhana. Saling mempercayai dan bekerja sama. Tentu saja masih ada ketegangan-ketegangan kecil antar desa, namun secara keseluruhan, orang-orang di dunia shinobi sudah belajar mengatasi rasa sakit selama masa perang, yaitu dengan menjalani hidup secara normal.

Tidak ada sistem yang sempurna. Termasuk di dalamnya sistem pemerintahan di dalam dunia shinobi. Namun sistem itu terus berubah dengan munculnya para Kage baru yang membawa semangat dan cara-cara baru. Murid-murid akademi shinobi, para chunin, para jounin, para anbu, sanin, dan kage yang hidup dalam dunia shinobi terus-menerus berubah seiring waktu.

Kisah para anggota Akatsuki sangat menarik, dan akan saya tuliskan lagi di lain waktu, satu per satu akan kita bahas dan telaah lebih dalam. Tentu saja akan ada pembahasan tentang tokoh-tokoh di luar Akatsuki. Namun kiranya cukup dulu untuk saat ini.

Referensi mengenai Naruto yang lebih lengkap bisa di baca di sini.

Facebook Comments

Leave a Reply

6 thoughts on “Akatsuki”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *