Anbu

anbu-small
Anbu – Kelompok Ninja dengan tugas militer dan intelejen

Setelah membahas tentang kelompok Akatsuki, saya akan membahas tentang kelompok Ninja yang lain. Kali ini yang akan saya bahas adalah kelompok Anbu.

Kelompok Anbu dibentuk dengan dasar pemikiran bahwa dengan keadaan selama perang maka perlu dibentuklah sebuah kelompok Ninja yang memiliki tugas dan fungsi yang berbeda dari shinobi pada umumnya. Apabila biasanya sebuah tim shinobi bertugas untuk melakukan misi pencarian, penyelamatan, penjagaan, dan pengawalan, maka kelompok Anbu berfokus pada misi militer dan intelejen seperti pengintaian, mata-mata, dan pembunuhan.

Kelompok Anbu memilik ciri khas berupa topeng yang berfungsi untuk menyamarkan identitas seorang anggotanya. Topeng ini juga berfungsi untuk menyembunyikan ekspresi dan emosi seorang shinobi anggota kelompok Anbu.

anbu-1
Penampilan seorang Anbu pada umumnya.

Menyembunyikan identitas dan emosi jelaslah suatu hal yang tidak mudah. Seringkali seorang anggota Anbu mengalami dilema dalam hati sehubungan misi yang diberikan oleh Kage atau pimpinan kelompok militer.

Dalam serial Naruto kita mengenal beberapa mantan anggota Anbu diantaranya Hatake Kakashi, Uchiha Itachi, Kisame, dan juga Yamato. Itachi dan Kisame membelot dan bergabung ke dalam kelompok Akatsuki dikemudian hari.

Anggota kelompok Anbu rata-rata berusia muda, dan masih memiliki kemampuan rata-rata seorang chunin. Walaupun begitu mereka memiliki kecerdasan diatas rata-rata sehingga mampu membuat keputusan dan strategi yang tepat. Misi yang diterima anggota seorang Anbu kadang sangat bertentangan dengan nurani dan akal sehat.

Itachi misalnya mendapat misi untuk menghabisi seluruh keluarganya sendiri, termasuk ayah dan ibunya. Kisame harus membunuh wanita yang dicintainya karena takut rahasia desa bocor ke tangan musuh.

Di Konohagakure para Anbu dipimpin oleh Danzo. Kekuasaan Danzo hampir setara dengan Hokage. Danzo pun akhirnya dipenjara karena menjalankan Anbu dengan sangat berlebihan.

TheDanzo
Pimpinan fraksi militer Konohagakure – Danzo.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai kelompok Anbu. Saya akan mencoba untuk membuat posting tentang serba-serbi anime lain pada posting-posting berikutnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

8 thoughts on “Anbu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *