Membaca Sebelum Menulis – Last Flight Of The Osiris

Membaca Sebelum Menulis

Beberapa siswa bertanya kepada saya mengenai bagaimana cara untuk memulai sebuah blog. Sebuah pertanyaan klasik dan klise, dan memiliki sebuah jawaban yang klasik dan klise pula.

Sebelum belajar menulis, belajarlah untuk membaca.

Iya, banyak-banyaklah membaca untuk memperluas wawasan dan pengetahuan. Banyak-banyaklah membaca untuk mengenal penulis-penulis yang sudah mapan dan memiliki reputasi.

Oke, saya akan mencoba untuk lebih banyak membaca, tetapi apa yang harus saya baca?

Buku. Iya. Buku. Sebuah kutipan bijaksana dari bapak George R.R. Martin penulis best seller dan box office TV Game of Thrones mengajarkan kita untuk itu.

“A reader lives a thousand lives before he dies, said Jojen. The man who never reads lives only one.”

– George R.R. Martin, A Dance with Dragons

Seorang pembaca seolah memiliki ribuan kehidupan sebelum ajalnya. Seorang yang tidak pernah membaca, hanya memiliki satu kehidupan saja. Kita bisa larut dalam dunia yang ditulis dalam sebuah buku, masuk dan berpetualang dalam ribuan kisah, roman, tragedi, atau apapun yang diciptakan di dalam dunia seorang penulis.

Tetapi sekarang sudah jamannya internet. Baca buku itu sudah ketinggalan jaman, tinggal buka google lalu ketikkan apapun dalam pencarian, maka pengetahuan akan dengan mudah diperoleh. Lalu kenapa harus baca buku?

Internet menawarkan banyak manfaat, tetapi internet juga bisa menjadi distraksi, menjadi pengganggu ketika kita berusaha untuk fokus dan belajar. Saya beri contoh, facebook misalnya, bisa jadi kita berteman dan mengikuti orang-orang yang produktif, namun kita juga mengikuti orang-orang yang tidak produktif. Otak kita secara refleks akan berusaha menyerap semua informasi yang diterima. Buku, memiliki kelebihan untuk kita bisa fokus, dan menemukan keheningan yang kita butuhkan dalam menyerap ilmu pengetahuan.

Lalu apakah semua yang ada di internet itu jelek?

Tentu saja tidak. Saya juga memiliki beberapa situs yang secara rutin saya kunjungi untuk belajar dan mendapatkan informasi. Situs-situs sudah saya pilih secara hati-hati dan saya berusaha untuk memilih situs yang memang terbaik, setidaknya menurut penilaian saya pribadi.

Lalu apakah ada semacam daftar yang bisa direkomendasikan untuk bahan-bahan bacaan?

Tentu saja ada. Namun daftar ini bersifat personal, daftar bacaan yang menurut saya bagus, belum tentu bagus untuk orang lain.

Saya akan memulai dengan buku-buku yang pernah saya baca :

being-happy

Being Happy oleh Andrew Matthews. Buku ini pertama kali saya baca waktu kelas 1 SMP (lebih dari 20 tahun yang lalu). Buku ini sangat menggugah dan dituturkan dalam bahasa kartunis yang sederhana. Buku ini sudah hilang karena dipinjam seorang teman yang lupa mengembalikan. Saya akan memasukkannya dalam daftar buku yang akan saya beli dalam waktu dekat ini.

bumi-manusia

Bumi Manusia oleh Pramoedya Ananta Toer. Saya rasa semua buku-buku Pram layak untuk dibaca oleh mereka yang ingin mengasah kualitas intelektualitas di dalam diri mereka.

kartun-fisika

Kartun Fisika oleh Lary Gonick ini benar-benar merupakan salah satu buku favorit saya. Tulisannya sangat mudah dipahami dan menghibur. Kita bisa memahami garis besar prinsip-prinsip teori fisika, mulai mekanika dasar hingga kuantum dengan mudah lewat buku ini.

Lain kali akan saya buatkan daftar buku bacaan lain yang lebih lengkap.

Bagaimana dengan daftar bacaan online? Ada tidak?

Ada, berikut saya tuliskan daftar singkatnya :

Zenhabits : Merupakan sebuah blog yang menulis tentang produktifitas, dan kesederhanaan hidup. Blog ini adalah blog yang secara rutin saya kunjungi, beberapa artikel bahkan saya cetak sebagai bahan bacaan ketika sedang offline.

Wisebread : Merupakan sebuah kumpulan blog yang secara umum berisi tentang nasehat-nasehat di bidang keuangan pribadi. Blog ini cukup penting karena berisi tips-tips praktis tentang menghemat uang, menabung, juga cara-cara menambah penghasilan yang sederhana, namun cukup membantu.

Business Insider : Situs berita seputar bisnis dan hal-hal umum yang saya perlukan untuk update perkembangan dunia secara global. Berita-berita di situs ini cukup berkualitas, karena tidak terlalu banyak memuat penggiringan opini yang berlebihan.

Demikianlah tulisan singkat saya mengenai banyak membaca sebelum belajar menulis. Saya harap siswa-siswa sekalian bisa mendapat manfaat dari tulisan yang singkat ini. Bila masih ada hal yang ingin ditanyakan, janganlah ragu untuk bertanya lewat form komentar. Tetap semangat.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *