My Most Respected Anime Villain : Shishio Makoto

shishio_makoto_by_roanserpentia
Ilustrasi pensil Shishio Makoto oleh roanserpentia

Banyak rekan yang mengenal saya sebagai seorang anarkis. Seseorang yang tidak mudah patuh dan taat kepada sebuah aturan.

Salah satu faktor penyebab karakter saya yang demikian adalah kekaguman saya pada karakter-karakter penjahat dalam film, komik, dan anime.

Selain Joker pada Batman : The Dark Knight karya Christopher Nolan, ada satu lagi karakter penjahat yang sangat saya kagumi : Shishio Makoto.

Karakter Shishio Makoto adalah gambaran anarkis sejati, dan karya masterpiecenya adalah sebuah rencana besar untuk membakar habis kota Kyoto. Walaupun rencana ini kemudian digagalkan oleh Himura Kenshin (Battosai Himura), namun kita bisa melihat keindahan sebuah gagasan anarkis untuk menumbangkan kekaisaran Jepang yang korup dan lemah.

Pribadi Shishio adalah sebuah pribadi yang nyaris sempurna. Cerdas, skillful, teknik samurai yang mumpuni, kecepatan, dan reflek mumpuni seorang pendekar. Dan semua itu ada dalam diri seorang Shishio.

Saya tentu saja tidak sedang berusaha mengkampanyekan kekerasan dan vandalisme, saya hanya menitikberatkan sebuah karakter yang dalam dan penuh misteri, akan apa yang memotivasi kebencian dan kekejaman seorang Shishio Makoto.

Shishio Makoto memiliki sedikit perbedaan bila dibandingkan dengan karakter penjahat lain seperti Madara Uchiha. Untuk Shishio semuanya menjadi lebih sederhana :

If you trust, you will be betrayed. If you are careless, you will die. Kill, or be killed.

Filosofi sederhana untuk dunia yang sederhana.

Proses penulisan cerita pada sebuah anime yang bagus ditentukan oleh kedalaman karakter, tidak hanya dari tokoh jagoannya, tetapi juga kedalaman karakter yang menggambarkan para penjahat di dalamnya.

7 thoughts on “My Most Respected Anime Villain : Shishio Makoto”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *